Perangkat Jaringan

Perbedaan Antara Switch dengan Hub

Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja pada Layer 2 OSI (data link) yang berfungsi sebagai titik konsentrasi untuk perangkat-perangkat lain yang terhubung seperti komputer,server, router, hub, dan switch lainnya. Pada awalnya hub adalah perangkat konsentrasi yang menyediakan beberapa port yang mirip dengan switch. Akan tetapi dengan hub seluruh komputer yang terhubung akan berbagi bandwidth bersama (shared-bandwidth) dan collisiondapat terjadi. Hub beroperasi secara half-duplex (hanya dapat mengirim atau menerima pada suatu waktu) karena hub harus mampu mendeteksi collisionSwitch menyediakan koneksipoint-to-point terdedikasi (virtual circuit) antara dua perangkat jaringan (seperti komputer,server, router) sehingga tidak terjadi collision. Karena switch tidak perlu mendeteksi collision, maka switch dapat beroperasi secara full-duplex (mengirim dan menerima secara simultan) yang akan melipatgandakan throughput-nya. Switch-switch Ethernet tersedia dengan berbagai kecepatan yaitu 10Mbps (standard Ethernet), 100Mbps (Fast Ethernet) and 1000Mbps (Gigabit Ethernet).

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara switch dengan hub adalah switch penggunaan bandwithnya sama, sedangkan pada hub bandwithnya dibagi berdasarkan jumlah computer yang terhubung ke hub.

Pengaruh Ketinggian Satelit

Satelit memiliki ketinggian yang berbeda-beda dimana satelit yang paling tinggi memiliki cakupan nilai yang luas sedangkan yangpaling rendah jelas memiliki cakupan yang lebih sempit.

Prinsip Kerja Wireless dalam Mengirimkan Data

Pada sistem wireless mula-mula data yang akan dikirimkan dimodulasi dengan sinyal carier yang frekuensinya tinggi. Setelah dimodulasi sinyal dipancarkan dan disisi penerima sinyal tersebut di demodulisasi dan didapatkan data yang diinginkan.

Cara Receiver Mengenali Data

Sinyal yang pertama kali diterima diproses kemudian bila ada sinyal yang lain masuk maka akan dibandingakan dengan sinyal yang sudah masuk sebelumnya. Jika hasilnya sama, sinyal yang baru masuk akan dibuang. Tetapi bila sinyal yang masuk tidak sama dengan sinyal sebelumnya, maka sinyal akan diproses.

Bandwith Fiber Optic

Antara kabel biasa dengan kabel optik, bandwith fiber optik lebih besar, karena bandwith erat hubungannya dengan kecepatan pengiriman. Dimana kecepatan cahaya lebih tinggi dari pada kecepatan listrik yang mengalir untuk itulah kenapa bandwith fiber optic lebih besar.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: